Sabtu, 28 April 2018

7 Cara mengepang rambut sendiri yang terbaru, bagus, dan mudah


Kepangan termasuk cara mudah untuk menjadikan rambut tampil lebih gaya sekaligus rapi. Tanpa hiasan rambut yang rumit pun rambut sudah terlihat modis. Hanya diperlukan teknik memilin dan mengikat untuk membuat kepangan yang bagus. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara mengepang rambut sendiri dengan mudah?

Cara mengepang rambut pendek sebahu dengan kepang ganda
Kita tak harus memiliki rambut yang panjang terlebih dahulu jika ingin menatanya dengan model kepangan. Rambut pendek pun bisa dikepang, asalkan panjangnya masih mencukupi. Minimal sebatas leher atau bahu. Bagaimana cara mengepang rambut pendek sebahu yang mudah?

Berikut ini kami tampilkan cara mengepang rambut pendek sebahu dengan gaya klasik. Mudah dipraktikkan sendiri dengan satu karet rambut saja. Untuk gaya ini kita akan membuat sepasang kepangan pada bagian depan kepala. Kedua kepangan ini harus serupa satu sama lain berdasarkan posisi, ketebalan, dan panjangnya.

Belah tengah rambut dengan sisir, kemudian setelah itu sisirlah rambut ke dua belah sisi.

Ambil segenggam rambut dari sebelah kanan, kemudian jepit. Kemudian ambil rambut dari sebelah kiri dengan ketebalan yang sama dan jepit.
Lepaskan rambut sebelah kanan yang sudah dijepit tadi, kemudian bagi menjadi tiga bagian yang sama. Kemudian mulailah mengepang dari belahan rambut ke arah belakang telinga. Silangkan bagian kanan ke tengah, sehingga bagian tengah berubah jadi di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah, sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai kepangan mendekati ujung rambut. Sisakan sedikit di bagian ujung, kemudian ikat dengan karet rambut. Jepit kepangan agar menempel pada sisi kepala.

Lepaskan rambut sebelah kiri yang sudah dijepit tadi, kemudian kepanglah dengan langkah yang sama dengan rambut sebelah kanan.

Terakhir jepit kepang ke belakang telinga agar menempel di kulit kepala.

Demikian cara mengepang rambut pendek sebahu dengan kepang klasik ganda. Jika sudah selesai, kepangan akan tampak seperti headband yang membingkai kedua sisi kepala dari belahan tengah rambut sampai ke belakang telinga.

Cara mengepang rambut panjang dengan kepangan Perancis
Rambut panjang bisa ditata dalam aneka gaya kepang. Paling sering dengan kepang klasik atau french braids. Biasanya disebut juga dengan istilah kelabang tempel. Bagaimana cara mengepang rambut panjang dengan gaya french braids?

Berikut ini tutorial cara mengepang rambut panjang dengan gaya french braids, kepang Perancis, atau kelabang tempel.

Kumpulkan sejumlah rambut dari bagian tengah atas kepala. Jangan mengambil terlalu banyak dan usahakan rambut yang terkumpul tumbuh dari garis rambut yang sejajar agar terlihat rapi.

Bagi rambut yang sudah dikumpulkan tadi menjadi tiga bagian dengan ketebalan yang sama. Peganglah dua kumpulan rambut dengan satu tangan, dan kumpulan rambut ketiga di tangan yang lain.

Mulailah membuat kepangan klasik dari bagian paling atas dan tengah kepala, tepat di atas dahi. Silangkan bagian kiri ke tengah, kanan ke tengah, dan ulangi terus sampai Anda berhasil membuat beberapa baris kepangan biasa.

Tambahkan sejumlah rambut lagi dan buat kepangan sampai beberapa baris. Tambahkan rambut lagi, lalu kepang lagi sampai beberapa baris. Begitu seterusnya sampai kepangan tak lagi menempel pada kulit kepala.

Sisanya selesaikan dengan kepang biasa sampai mendekati ujung rambut. Ikat dengan karet rambut agar tidak mudah lepas.

Itulah cara mengepang rambut dengan model kepang Perancis atau kelabang tempel. Cara mengepang rambut seperti ini juga bisa dipraktikkan dari samping atau dipadukan dengan kepangan gaya lain.

Cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik
Untuk anak-anak, kita bisa mencoba cara mengepang rambut dengan gaya klasik (biasa) atau kepang Perancis. Keduanya bakal membuat penampilan anak terlihat lebih rapi dan feminin. Namun untuk kali ini kita akan mencoba cara mengepang rambut anak yang paling sederhana, yaitu kepang klasik.

Berikut ini tutorial step by step cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik dengan kepang ganda.

Belah rambut anak dengan sisir menjadi dua bagian yang sama. Sisihkan bagian kiri dengan menyampirkannya ke depan bahu,
Bagi rambut sebelah kanan menjadi tiga bagian yang sama rata. Mulailah mengepang rambut dari tengkuk. Silangkan bagian kanan ke tengah, sehingga bagian tengah berubah jadi di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah, sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai kepangan mendekati ujung rambut. Sisakan sedikit di bagian ujung, kemudian ikat dengan karet rambut.
Ambil rambut bagian kiri, belah menjadi tiga bagian yang sama, kemudian kepang dengan proses yang sama seperti rambut sebelah kanan. Ikat ujungnya dengan karet rambut. Boleh juga diikat lagi dengan pita agar terlihat semakin manis.
Demikian cara mengepang rambut anak dengan kepang klasik. Rambut anak juga bisa dikepang dengan model kepang Perancis, kepang ekor kuda, atau kepang kecil-kecil. Pastikan untuk tidak mengepang terlalu kencang agar akar rambut tidak tertarik dan menyebabkan sakit kepala.

Cara mengepang rambut ke samping ala dutch braids
Kepang rambut yang memanjang dari belahan tengah rambut dan menempel sampai ke belakang telinga biasa disebut dutch braids. Dinamai demikian karena cara membuatnya mirip dengan french braids, namun dengan menyilangkan rambut ke bawah. Bagaimana cara mengepang rambut dengan gaya seperti ini?

Di bawah ini kami sajikan tutorial cara mengepang rambut gaya dutch braids yang mudah dan menghasilkan kepangan rapi.

Buat belahan di samping, sejajar dengan pelipis kanan atau kiri. Setelah itu, ambil bagian depan rambut dan bagi menjadi tiga bagian seperti membuat kepangan biasa.
Kepang rambut dengan menyilangkan bagian kanan ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berada di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai beberapa baris, kemudian ambil sejumput rambut dan satukan dengan tiga bagian rambut yang dikepang.

Sertakan juga rambut bagian belakang dalam setiap silangan. Lakukan terus menerus hingga mencapai bagian bawah rambut. Lalu ikat dengan karet rambut.

Regangkan kepang yang sudah kamu buat dari pangkal hingga ujung. Tujuannya adalah membuat kepang tampak lebih bervolume.
Itulah cara mengepang rambut ke samping dengan gaya dutch braids. Ingat, kepangan ini dibuat dengan teknik yang sama dengan french braids, tetapi dengan menyilangkan ke bawah.

Cara mengepang rambut fishtail
Selain kepang biasa (klasik), french braids, dan dutch braids, masih ada pula cara mengepang rambut fishtail braids yang saat ini sedang digemari. Cara mengepang rambut seperti ini memang lebih rumit daripada tiga cara mengepang rambut yang sudah dijelaskan sebelumnya, tetapi bukan berarti tak bisa dilakukan sendiri. Bagaimana cara mengepang rambut ala fishtail atau ekor ikan?

Silakan simak tutorial cara mengepang rambut fishtail atau ekor ikan step by step. Lakukan di depan cermin agar Anda tidak kesulitan mempraktikkannya.

Belah rambut menjadi dua bagian yang sama tebalnya. Pisahkan sejumlah kecil rambut dari garis batas rambut di belahan sebelah kiri. Tarik dan silangkan ke atas kumpulan belahan rambut kiri (ke arah kanan). Setelah itu sisipkan di bawah belahan rambut kanan. Dengan demikian rambut dari garis rambut kiri tadi sudah menyatu dengan belahan kanan.

Tarik kedua bagian rambut untuk mengencangkannya. Pisahkan sejumlah kecil rambut dari garis batas rambut di belahan sebelah kanan. Tarik dan silangkan ke atas kumpulan belahan rambut kanan (ke arah kiri). Setelah itu sisipkan di bawah belahan rambut kiri. Dengan demikian rambut dari garis rambut kanan tadi sudah menyatu dengan belahan kiri.

Kepang terus rambut dengan cara yang sama hingga mendekati ujung. Cobalah mengurangi ketebalan rambut yang dipisahkan secara bertahap agar tebal kepangan merata. Ikat ujungnya dengan karet rambut.

Longgarkan kepangan dengan tangan dari pangkal hingga ujung. Langkah terakhir ini tidak perlu dilakukan jika rambut dipotong dengan model layer atau shaggy, karena akan menjadikan kepangan berantakan.
Demikian cara mengepang rambut fishtail atau ekor ikan. Kepangan seperti ini juga bisa dipadukan dengan model fishtail dan kepang tempel Perancis.

Cara mengepang rambut air terjun
Kepang air terjun sebenarnya mirip dengan kepang rambut Perancis, tetapi dibuat menggantung di sepanjang sisi kepala. Seperti apa cara mengepang rambut air terjun?

Di bawah ini kami tampilkan tutorial cara mengepang rambut air terjun, langkah demi langkah.

Ambil sebagian kecil rambut dan arahkan ke depan wajah. Ambil dari bagian rambut yang terdekat dengan belahan rambut dan wajah. Bagi menjadi tiga bagian sama rata, lalu kepanglah menjadi satu atau dua baris.

Ambil sejumput rambut baru dan sertakan ke dalam kepangan seperti membuat kepang Perancis.

Ambil bagian yang baru dari bawah. Masukkan bagian rambut yang baru ke dalam kepangan dari bawahnya. Ambil bagian baru yang kedua dari bawah dan belakang kepangan. Lepaskan bagian bawah kepangan yang sekarang dan biarkan tergantung pada sisi kepala.
Buatlah satu kepangan baru degan bagian bawah yang baru. Tinggalkan bagian bawah yang lama.

Ulangi teknik kepangan hingga panjang yang diinginkan. Lanjutkan dengan memasukkan bagian rambut yang baru dengan teknik yang sama. Kepang terus rambut dengan cara ini sampai ke bagian belakang kepala. Ingat baik-baik, setiap bagian rambut yang diambil dari atas kepangan harus dijalin dengan bagian atas yang sebelumnya. Selain itu, setiap bagian rambut baru yang diambil dari bawah harus dijalin ke dalam kepangan.
Ikat ujung kepangan dengan karet rambut. Sikatlah rambut yang tergantung dari bawah kepangan untuk merapikannya.

Itulah cara mengepang rambut air terjun. Sedikit rumit, ya? Tetapi kalau sudah menguasainya kamu tidak akan kesulitan lagi membuat variasinya.

Cara mengepang rambut ala korea
Sebagai kiblat mode dan fashion, tentunya dunia hiburan Korea juga memopulerkan berbagai gaya rambut yang trendy. Tak terkecuali kepang rambut. Ada berbagai jenis kepang rambut yang diperkenalkan oleh para beauty blogger dari Korea Selatan. Salah satu yang paling mudah dipraktikkan adalah kepang tiga lapis. Bagaimana cara mengepang rambut ala Korea dengan model tiga lapis.

Sisir rambut dari kening ke belakang, kemudian ikat di dekat ubun-ubun dengan pita.
Ambil sedikit rambut dari kiri dan kanan hingga kita mendapatkan dua bagian rambut.
Kepang dua bagian rambut tadi rambut bagian depan yang sudah diikat pita. Kepang dengan cara klasik saja, kemudian ikat ujungnya dengan karet.
Belah sisa rambut menjadi tiga bagian lagi. Bagian tengah adalah kepangan yang sudah diikat dua kali dengan pita dan karet tadi. kemudian kepang lagi dengan gaya klasik sampai rambut habis. Setelah itu ikat kepangan dengan karet rambut dan selesai.

Itulah cara mengepang rambut ala Korea dengan model kepang tiga lapis. Gampang banget kan? Tinggal semprotkan hairspray untuk menjaganya tetap rapi sepanjang hari.

0 komentar:

Posting Komentar