Minggu, 23 September 2018

7 Tanda Sepatu Olahraga Sudah Kedaluwarsa dan Harus Ganti


Menjaga kondisi fisik kini sudah menjadi gaya hidup kaum milenial. Olahraga menjadi hal yang selalu dilakukan di sela aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, sepatu olahraga menjadi barang yang wajib dimiliki. Tahukah Anda kalau sepatu untuk olahraga ada masa harus ganti? Agar tidak bingung, berikut tanda-tanda kalau sepatu Anda sudah harus ganti. 

1. Alas Sepatu Sudah Tipis 

Sepatu yang sudah harus ganti salah satu tandanya yaitu saat Anda mulai merasakan tekstur tanah atau aspal. Itu artinya alas sepatu sudah menipis. Benda asing bisa saja melukai Anda, misal kerikil tajam. Sehingga Anda harus mengganti sepatu dengan segera. Hal ini mencegah adanya hal buruk terjadi, misal terluka saat olahraga. 

2. Busa Sepatu Sudah Tidak Empuk 

Sepatu olahraga dibuat dengan sistem kenyamanan yang berkualitas. Salah satunya dengan adanya busa empuk untuk kenyamanan bergerak. Jika Anda merasakan busa sudah tidak empuk, artinya sepatu Anda mulai rusak dan tidak sesuai fungsinya. Sehingga Anda harus mengganti sepatu tersebut dengan yang baru. 

3. Cek Lama Pemakaian Sepatu Tersebut 

Meskipun daya tahan sepatu dipengaruhi oleh berat badan dan misal gaya berlari, tapi tiap produk punya usia yang berbeda. Ada sepatu yang memiliki usia pakai berdasar jarak tempuh. Anda bisa menghitungnya dengan mencatat tiap kali sepatu tersebut digunakan. Namun jika terlalu lama, bahkan puluhan tahun sebaiknya jangan gunakan lagi sepatu tersebut. 

4. Satu-Satunya Sepatu yang Anda Miliki 

Jika sepatu lari ini merupakan sepatu satu-satunya yang Anda punya, jangan pelit untuk membeli yang baru. Makin sering digunakan sepatu juga cepat rusak. Dari segi kebersihan pun mungkin akan tidak higienis karena jarang dibersihkan. Sehingga sepatu menjadi sarang bakteri dan jamur. Kaki bisa terkena kutu air, atau penyakit sejenis.

5. Ujung Sepatu Tidak Kokoh Lagi 

Anda bisa merasakan saat memegang sepatu pada bagian ujungnya. Anda pasti merasakan penyokongnya sudah mulai lapuk. Hal ini akan berakibat pada sepatu akan memutar dengan mudah. Pada bagian ini juga biasanya sedikit terbuka karena lem atau jahitan sudah tidak kuat. Seharusnya sepatu sulit berputar dan terlihat lebih kuat. 

6. Sol Sepatu Sudah Usang 

Cara lain yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui bahwa sepatu Anda sudah harus ganti yaitu, dengan melihat bagian sol sepatu. Bantalan sepatu merupakan bagian pertama yang rusak karena sol dirancang untuk menyertai tekanan. 

Meskipun tak terlihat jelas, tapi ada bagian sol yang miring sehingga memberi tekanan yang tidak seimbang. Jika bantalan sepatu sudah rata atau lembut, maka sepatu sudah tidak bisa mendukung aktivitas Anda. Selain itu, pada bagian luar menunjukkan bahwa sepatu seharusnya sudah tidak digunakan.

7. Terasa Sakit Saat Dipakai 

Tanda sepatu harus diganti lainnya yaitu saat Anda merasakan nyeri pada sendi terutama pada lutut. Sepatu yang Anda pakai bisa saja sudah mulai tidak nyaman sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian telapak kaki, bahkan hingga ke lutut. 

Sebaiknya hentikan pemakaian dan beli sepatu baru. Tidak ada salahnya mengutamakan kesehatan dan keselamatan daripada harus menanggung akibat yang lebih berisiko. Agar Anda tidak terbebani, bisa dengan cara menabung sebelum sepatu Anda dirasa rusak. Sehingga saat sudah rusak bisa langsung beli yang baru.

Sepatu olahraga yang baik, yaitu sepatu yang memiliki daya kenyamanan dan bisa membuat aktivitas lancar. Jika aktivitas terhambat karena sepatu, sebaiknya Anda segera membeli baru di blibli.com. Selain banyak sepatu yang bagus, juga harga bersaing. Anda bisa membeli sepatu dengan mudah dan aman.

0 komentar:

Posting Komentar