Kamis, 29 November 2018

6 Metode Pendidikan Karakter Anak Usia Dini yang Kreatif


Pendidikan karakter anak adalah hal krusial yang mesti dipersiapkan oleh setiap orang tua demi masa depan si kecil. Bukan tanpa alasan karena karakter dari si kecil inilah yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian mereka di masa depan. Untuk bisa memiliki karakter yang terbaik maka Anda bisa membentunya dengan 6 metode pendidikan berikut. 

1. Metode Mengajarkan Secara Langsung 

Metode pertama yang bisa Anda coba untuk membangun pendidikan karakter bagi si kecil adalah metode mengajarkan langsung. Dengan metode mengajarkan langsung, Anda sebagai orang tua mesti mengetahui karakter dasar yang dimiliki oleh anak terlebih dulu. Soalnya karakter dasar inilah yang bisa dijadikan acuan ketika Anda ingin mengajarkan langsung. 

2. Metode Bercerita 

Sekarang ini, para anak pastinya enggan bahkan akan sangat mengantuk apabila harus diajari sesuatu yang terlalu formal. Namun kondisi tersebut tentunya tidak boleh membuat Anda sebagai orang tua menyerah begitu saja. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan metode bercerita sebagai bentuk pembentukan sekaligus pendidikan karakter anak. 

Caranya bagaimana? Caranya sendiri terbilang cukup mudah, Anda bisa menggunakan buku dongeng hingga melakukan pertunjukan wayang sederhana. Paling terpenting adalah pastikan bahwa cerita yang Anda bawakan menceritakan tentang kebaikan dan perjuangan yang dilakukan oleh karakter utama. Pastikan bahwa anak akan terinspirasi setelah mendengarnya. 

3. Metode Diskusi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua di masa lalu adalah tidak membiarkan anak-anak mereka untuk bebas mengutarakan pendapatnya. Kebiasan salah tersebutlah yang kemudian dibawa oleh anak hingga mereka dewasa. Dampaknya adalah mereka menjadi tertutup dan juga enggan menceritakan apa yang mereka alami terhadap orang tuanya. 

Padahal memiliki anak yang terbuka akan membantu tumbuh kembang mereka dan membantu mereka memecahkan masalah secara lebih cepat. Solusinya adalah perkenalkan metode diskusi pada si kecil sedari dini. Dengan metode diskusi ini Anda sebagai orang tuanya membiasakan si kecil mengutarakan pendapat secara lebih bebas dibantu dengan suasana yang lebih rileks. 

4. Metode Simulasi 

Untuk metode yang satu ini bisa dibilang, mulai banyak dipakai oleh sekolah khusus untuk anak-anak di Indonesia. Metode simulasi ini adalah dengan membiarkan para anak untuk mencoba berbagai profesi yang ada di dunia nyata secara langsung. Diawali dengan mereka yang berpakaian khas seperti profesi tersebut hingga kemudian mencoba simulasi pekerjaan tersebut. 

Pekerjaan tersebut mulai dari pemadam kebakaran, pelayan restoran, wartawan, koki hingga masih banyak lainnya. Nyatanya melakukan hal ini bukan hanya untuk membuat anak Anda terlihat imut atau lucu tapi lebih dari itu. Terutama bermanfaat untuk membentuk karakter mereka untuk lebih bertanggung jawab dan juga pastinya bisa lebih mandiri. 

5. Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode pembelajaran kooperatif juga bisa Anda lakukan untuk membentuk karakter si kecil sejak dini. Penerapan dari metode pembelajaran kooperatif ini adalah dengan orang tua yang langsung memberi tahu tentang sifat yang benar dan sifat yang salah. Hal ini berguna untuk membuat si kecil bisa langsung membedakan mana yang benar dan mana yang keliru sejak kecil.

6. Metode Pembiasaan

Metode terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan metode pembiasaan. Bisa dibilang, metode pembiasaan adalah metode yang sering dilalaikan padahal sangat efektif. Contohnya seperti membiasakan si kecil untuk bangun pagi, membiasakan untuk cuci piring hingga membiasakan untuk melakukan sesuatu secara mandiri. 

Jadi bagi Anda yang sudah berstatus sebagai orang tua maka mengetahui metode pendidikan karakter anak adalah hal penting. Tenang saja, keenam metode di atas bisa Anda langsung dipraktikkan untuk membuat si kecil memiliki karakter yang tangguh di masa depan. 

0 komentar:

Posting Komentar