Kamis, 24 Oktober 2019

16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan


Selama ini daun kelor lebih dikenal sebagai sayuran pelancar ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Namun Moringa oleifera alias kelor tengah menjadi primadona di dunia kesehatan dan kecantikan.

Daun kelor memiliki sejumlah kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai efek negatif. Selain itu nutrisi yang dimilikinya juga menjadikan tanaman ini sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan.

Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini kami tampilkan selengkapnya.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Berikut ini kami tampilkan beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, yaitu:
1. Meringankan nyeri haid
2. Mencegah penyakit kuning
4. Mengatasi diabetes
5. Mengatasi penyakit kulit
6. Menjaga kesehatan ginjal
7. Menjaga kesehatan jantung
8. Mencegah kanker
9. Mencukupi kebutuhan gizi
10. Menurunkan tekanan darah

1. Meringankan Nyeri Haid

Biasa alami nyeri hebat saat haid? Coba konsumsi jus daun kelor segar. Menurut penelitian yang dilansir Boldsky, daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2. Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning bisa dicegah dengan konsumsi daun kelor secara teratur. Konsumsi daun ini akan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan penyakit tersebut.

3. Mengatasi Diabetes

Kadar gula yang tidak seimbang pada penderita diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor. Asam klorogenik yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk menjadikan gula darah stabil. Konsumsi setidaknya 150 mg ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes.

4. Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan antiseptik yang dimiliki daun kelor menjadikannya ampuh untuk membunuh bakteri. Bila kamu memiliki masalah masalah kulit seperti alergi, gatal-gatal, atau herpes, kamu bisa menggunakan masker atau kompres daun kelor untuk meringankan sensasi gatal dan pedihnya.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat dari daun kelor yang tak bisa diabaikan adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, terutama dalam menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

7. Mencegah Kanker

Kanker bisa disebabkan karena inflamasi akut. Menurut artikel yang dilansir Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan isotiosianat di dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

8. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Secangkir daun kelor mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, vitamin A, dan magnesium. Jika dikonsumsi sebagai sayuran, makanan ini cukup untuk menambah asupan nutrisi vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Moringa oleifera alias kelor mengandung quercetin, antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

Demikian aneka manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Selanjutnya kita akan membahas manfaat daun kelor untuk kecantikan, yaitu:

1. Mencegah penuaan dini
2. Mengatasi bibir kering
3. Mencerahkan kulit
4. Mengatasi jerawat
5. Detoksifikasi
6. Meringkas pori-pori

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dimiliki daun kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kulit agar senantiasa awet muda. Daun kelor bisa digunakan sebagai bahan campuran masker atau kompres.

Dilansir Food.NDTV, minyak kelor dan daun kelor bisa digunakan untuk masker wajah karena bisa mencegah kerutan di wajah serta melawan kerusakan kulit karena radikal bebas. Daun kelor bisa mengencangkan kulit dan membuat wajah awet muda.

2. Melembapkan Bibir

Sering punya masalah kulit bibir kering dan pecah-pecah? Gunakan daun kelor segar yang sudah ditumbuk sebagai scrub. Gosok-gosok lembut pada bibir, kemudian diamkan selama 5 menit.

3. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang dimiliki daun kelor juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Gunakan daun kelor tumbuk sebagai masker. Masker ini akan membantu mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang meradang bisa diatasi dengan sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh daun kelor. Gunakan masker kelor untuk mendinginkan kulit yang mengalami jerawat meradang.

5. Detoksifikasi

Rajin makan sayur daun kelor bisa membantu membersihkan racun di dalam tubuh. Efek detoksifikasi yang dimiliki daun kelor bisa mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

6. Meringkas Pori-Pori

Oleskan masker daun kelor untuk meringkas pori-pori. Pakai masker ini secara teratur dan pori-pori akan terhindar dari penumpukan kotoran, sebum, dan komedo.

Demikian aneka manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Konsumsi daun kelor sebagai sayuran secara teratur atau gunakan sebagai bahan campuran masker dan kompres untuk mendapatkan khasiatnya.

0 komentar:

Posting Komentar