Selasa, 15 Oktober 2019

5 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi


Kolesterol memang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel sel tubuh yang sehat dan menghasilkan hormone. Tetapi sayangnya kadar kolesterol yang terlalu tinggi didalam darah justru dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit stroke dan jantung. Oleh karena perlu diketahuinya cara menurunkan kolesterol yang ampuh. Terjadinya kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan endapan lemak didalam pembuluh darah. Terjadinya endapan ini nantinya akan menghambat aliran di pembuluh darah arteri. Akibatnya tidak akan tercukupinya asupan darah yang kaya akan oksigen bagi organ organ penting didalam tubuh. Adanya endapan lemak di pembuluh darah juga akan dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena serangan jantung, penyakit jantung coroner, angina, dan juga gagal jantung.

Berikut dibawah ini 5 cara ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi diantaranya yaitu : 

1. Rajin Mengkonsumsi Brokoli 

Karena didalam brokoli itu adanya kandungan serat yang tinggi maka dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Secara alami, brokoli ini akan membantu proses detoksifikasi tubuh. Dengan begitu nantinya akan segera dibasminya berbagai penyakit didalam tubuh. Cara memanfaatkannya adalah dengan cara merebusnya dan menghindari pengunaan minyak ketika akan mengkonsumsi brokoli ini. Dengan begitu nantinya kamu dapat merasakan manfaat dari brokoli sebagai cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

2. Rajin Mengkonsumsi Apel 

Dengan rajin mengkonsumsi apel juga ternyata dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Terlebih lagi kulitnya yang mengandung pektin yaitu serat larut air yang akan ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Pektin ini nantinya akan bekerja untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada didalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh melalui urin dan juga feses. Selain itu apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang akan membantu mengurangi peradangan. Terlebih lagi serat didalam apel dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga kamu akan terhindar dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. 

3. Memanfaatkan Berries (Strawberry, Blueberry, Cranberry) 

Keluarga beri mengandung pektin yang tinggi dan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap didalam usus halus, sehingga akan dapat menurunnya kadar kolesterol jahat dan akan digantikan dengan kolesterol baik HDL. 

4. Mengkonsumsi Pir 

Pir merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami tinggi. Dengan mengkonsumsi satu buah pir berukuran sedang maka akan dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebesar 16 %. Dan bahkan nilai serat yang terkandung didalam buah pir ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan apel. Pektin merupakan jenis serat yang ada didalam buah pir, dimana pektin ini nantinya akan mengikat kolesterol dan membawanya untuk keluar dari tubuh sehingga dapat menurunnya kadar kolesterol jahat LDL didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin maka ini bisa menjadi salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

5. Setiap Hari Mengkonsumsi Satu Buah Alpukat 

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu alpukat ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan juga senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 1 buah alpukat setiap harinya maka akan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Selain itu masih ada cara ampuh lainnya untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu jangan pernah menyepelekan manfaat pepaya. Pepaya mengandung anti oksidan tinggi seperti likopen, VitaminC, dan Vitamin E sehingga dapat menurunkan kolesterol HDL. 

0 komentar:

Posting Komentar